Home LAINNYASurabaya 5 Fakta Terkait Balai Kota Surabaya

5 Fakta Terkait Balai Kota Surabaya

by Idnews
0 comment


Idnews.net, Jakarta – Surabaya merupakan kota yang mempunyai banyak bangunan bersejarah. Bangunan-bangunan tersebut sebagian besar adalah peninggalan dari bangsa Belanda.

Salah satu bangunan bersejarah yang terkenal di kota ini adalah Balai Kota Surabaya atau dulunya dikenal dengan nama Staandhuis te Surabaya. Bangunan ini berlokasi di Jalan Walikota Mustajab No.59, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur.

Kali ini Idnews.net akan membahas mengenai fakta-akta terkait Balai Kota Surabaya mengutip dari berbagai sumber, Sabtu (15/2/2020):

1. Dibangun saat masa pemerintahan Dijkerman

G.J Dijkerman merupakan Wali Kota Surabaya yang kedua. Dijkerman merealisasikan pembangunan gedung Balai Kota Surabaya dalam dua tahap, yaitu rancangan pertama pada 1915 – 1917 dan rancangan kedua pada 1920.

Pada 1925 gedung utama balai kota tersebut rampung dan digunakan secara resmi pada 1927. Mengutip instagram @surabayasparkling, Dijkerman diabadikan dalam sebuah nama jalan, yaitu Dijkermannstraat yang sekarang adalah Jalan Yos Sudarso.

2. Dirancang Arsitek Belanda

Gedung Balai Kota Surabaya ini dirancang oleh arsitek asal Belanda, G. Cosman Citroen. Beberapa bangunan di Surabaya disebut-sebut didominasi oleh karya Citroen.

Citroen menuangkan gaya arsitektur modern dan menyesuaikannya dengan iklim di Indonesia yang tropis. Pelaksanaan pembangunan Balai Kota Surabaya ini dilakukan oeh H.V Hollandsche Beton Maatschappij.

 



Sumber

You may also like

Leave a Comment