Home LAINNYALIFESTYLE Cerita Akhir Pekan: Antara Mencintai Diri Sendiri dan Orang Lain

Cerita Akhir Pekan: Antara Mencintai Diri Sendiri dan Orang Lain

by Idnews
0 comment


Idnews.net, Jakarta –  Momen Valentine atau Hari Kasih Sayang biasanya dimanfaatkan untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang pada pasangan. Tak hanya pasangan sebenarnya, tapi juga pada sahabat, keluarga atau orangtua.

Tapi selama ini Valentine identik dengan memberi perhatian atau menunjukkan perasaan cinta pada pasangan. Lalu bagaimana dengan mencintai diri kita sendiri? Apakah ini hanya dirasakan oleh mereka yang tak punya pasangan?

Saat mencintai seseorang, kita cenderung akan mengubah persepsi, bahkan mengubah diri sendiri agar bisa cocok dengan keinginan pasangan. Berubah ke arah yang baik tentu jadi hal bagus, tapi berubah menjadi orang lain hanya untuk disukai bukan hal yang tepat, apalagi menyenangkan untuk dilakukan.

Tak pernah disadari banyak orang bahwa hal ini sebenarnya bersumber pada titik ‘apakah kita sudah mencintai diri sendiri atau belum?’. Memang rasanya lebih mudah untuk mencintai orang lain daripada mencintai diri sendiri.

Kecenderungan merasa diri kurang dan tidak berharga selalu ada pada kita masing-masing. Padahal mencintai diri sama pentingnya dengan mencintai orang lain. Bahkan mencintai diri diyakini sebagai kunci kebahagiaan yang sebenarnya.

Dilansir dari Healthline, Stephanie Kang seorang psikolog dari PsycCentral mengatakan pentingnya menjalin hubungan dengan diri sendiri, bahkan ini merupakan hal utama yang perlu dilakukan.

Artinya, memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri akan membantu Anda memiliki hubungan yang harmonis dengan orang lain, misalnya dengan kekasih, suami/istri dan anak-anak. Lalu, apa perbedaan mencintai diri sendiri dengan mencintai orang lain?

Menurut Marina Tri Hapsari, seorang psikolog di sebuah lembaga manajemen di Jakarta, ada beberapa ciri kita mencintai diri kita sendiri. Salah satunya adalah memenuhi kebutuhan diri dengan baik dalam hal fisik, psikis, dan rohani.

“Kita bisa bersahabat dengan diri kita sendiri. Misalnya dengan punya waktu tidur yang cukup setiap malam, makan tiga kali sehari, bersosialisasi dengan baik, melakukan hal-hal yang kita sukai, olahraga rutin dan beribadah,” terang Marina saat dihubungi Idnews.net, 14 Februari 2020.

“Itu kan hal-hal yang simpel dan mendasar. Kalau kita bisa menjalankan itu semua dengan baik dan merasa senang dengan apa yang sudah kita lakukan, itu sudah termasuk mencintai diri sendiri,” sambungnya.



Sumber

You may also like

Leave a Comment