Home news Pertama Kalinya Pengguna Jasa PSK Ditetapkan sebagai Tersangka

Pertama Kalinya Pengguna Jasa PSK Ditetapkan sebagai Tersangka

by Idnews
0 comment


Idnews.net, Jakarta – Polisi menetapkan seorang warga negara asing (WNA) asal Arab Saudi sebagai tersangka karena tertangkap basah menyewa pekerja seks komersial (PSK) di Cisarua, Kabupaten Bogor.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo mengakui, penetapan ini merupakan pertama kalinya pelanggan PSK menyandang status tersangka.

“Iya. Ini yang pertama pelanggan dijerat pidana. Kami sudah koordinasi dengan jaksa. Ini bisa diproses (pengguna),” kata Ferdy, Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Dia mengatakan, pihaknya sudah membidik WN Arab berinisial AAA alias Ali sejak lama. Saat itu, pelaku hendak bertemu dengan seorang PSK di sebuah Hotel Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

“Pelaku ini sudah dua kali booking. Pas booking kedua kalinya kami ikuti, begitu sampai hotel kami gerebek,” ujar Ferdy.

Pelaku dijerat dijerat Pasal 2 ayat 1 dan 2 Junto 55 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

“Pasal 55 (ikut serta) tanpa mereka (konsumen) transaksi tidak jadi kan. Masak warga negara kita saja yang korban diproses. Bagaimana dengan pengguna-pengguna ini?” kata Ferdy.

Sebelumnya, Wisata Seks di Cisarua, Kabupaten Bogor dibongkar Bareskrim Polri. Lebih dari, 30 perempuan dewasa menjadi korban eksploitasi seksual dengan modus booking out (BO), kawin kontrak, dan short time, dari 2015 hingga 2020.

Wisata seks ini sangat terkenal di luar negeri. Seorang WNA bahkan sempat membuat video pendek dengan mewawancari beberapa PSK. Rekamannya diunggah ke Youtube.

“Mereka menggunakan bahasa Inggris ya. Di sana disebutkan bahwa di daerah Bogor, Jawa Barat, itu ada seks halal di sana. Jadi ini beritanya sudah sampai ke internasional,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Raden Argo Yuwono, Jumat (14/2/2020).

 



Sumber

You may also like

Leave a Comment